Friday, June 7, 2013

Profil Biodata Johnny Heitinga, Timnas Sepakbola Belanda Berdarah Indonesia

SPORT | FOOTBALL - Johnny Heitinga adalah seorang pemain sepakbola kelahiran Belanda namun berdarah Indonesia. Nama lengkapnya John Gijsbert Alan Heitinga. Ia dilahirkan di Alphen aan den Rijn, Belanda, 15 November 1983. Johnny Heitinga adalah pemain sepak bola profesional asal Belanda yang bermain sebagai bek tengah untuk Everton di Liga Primer Inggris dan tim nasional Belanda.
Johnny Heitinga mulai berkarir  di akademi sepakbola ARC dan Ajax. Heitinga pernah bermain untuk Ajax dan Atlético Madrid sebelum bergabung dengan Everton pada September 2009. Ia memperkuat timnas Belanda di Euro 2004, Piala Dunia 2006, dan Piala Dunia 2010.

Pada sebuah wawancara dengan beberapa wartawan stasiun tv swasta di Belanda, Johnny Heitinga mengakui bahwa ia keturunan Indonesia. Ayahnya lahir di Jakarta, sementara kakeknya sendiri berasal dari pulau Belitung, Sumatera.


Berikut Foto Johnny Heitinga.
sumber: Wikipedia
Johnny Heitinga telah memperkuat tim nasional Belanda sejak usia junior, dan kemudian menjalani debut di tim nasional senior tahun 2004. Ia kemudian mengikuti Piala Eropa 2004 dan tampil sebanyak empat kali. Ia melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 sebagai pilihan pertama di sektor pertahanan. Total, ia telah memperkuat tim nasional Belanda sebanyak 85 kali dengan mencetak tujuh gol.

Secara individu, Heitinga telah memperoleh beberapa penghargaan bergengsi diantaranya Pemain Terbaik Belanda 2008 dan Pemain Terbaik pilihan Fans Everton tahun 2012.

Ternyata, selain Johnny Heitinga, masih ada pemain timnas Belanda yang juga berdarah asli Indonesia. Mereka adalah Denny Landzaat dan Giovanni van Bronckhorst. Bahkan dikabarkan bahwa pemain Van Persie juga merupakan keturunan Indonesia, Ah yang benar? kita nantikan saja kelanjutan dari negeri Kincir Angin ini ...

0 komentar :

Post a Comment

Feel Pleased to comment here, but don't make any spam for I will delete it.
Be wise in leaving Comment. I will visit You also.